Berhenti asuransi? Bagaimana caranya?

Di Bpjs Kesehatan 391 views

Berhenti Asuransi – Asuransi adalah kebutuhan yang hampir tergolong kebutuhan pokok. Mengapa? hal itu disebabkan kegunaannya dalam berbagai hal. Misalnya saja untuk pengobatan rumah sakit, kecelakaan, jaminan perjalanan, bahkan hingga operasi plastik pun kini bisa dicover menggunakan asuransi.

Namun, jika suatu saat berhenti asuransi, apakah akan sulit? Bagaimana dengan uang premi yang sudah dibayarkan?

Advertisements

Berhenti asuransi biasanya disebabkan oleh beberapa sebab. Ada dua faktor yang bisa dihubungkan mengenai pemberhentian asuransi. Yaitu karena pihak asuransi ataupun pribadi nasabah.

Berhenti asuransi? Bagaimana caranya?

Jika menyangkut perusahaan asuransi, maka pelayanan atau kualitas produk asuransilah yang menjadikan nasabah memutuskan untuk melenggang pergi. Biasanya tipe ini karena termakan oleh rayuan agen asuransi. Sebelum menggaet nasabah, maka promosi yang dilancarkan pun terdengar menggiurkan.

Berkat promosi yang berkedok dusta tersebut, nasabah masuk ke dalam rayuan asuransi. Akibatnya, nasabah buta akan kualitas sebenarnya dari asuransi yang ia pilih. Hal tersebut sudah sangat umum dijumpai dan sudah sangat umum nasabah yang kecewa akan terburu-buru membatalkan asuransi.

Alasan mengapa banyak nasabah berhenti asuransi adalah karena diri nasabah sendiri yang tidak bisa memenuhi kewajiban sebagai nasabah. Biaya premi yang ditanggungkan tiap bulan bisa menjadi pemicu nasabah membatalkan asuransi.

Selain itu, ada pula ketidakcocokan nasabah dengan sistem asuransi. Namun, jika menghentikan asuransi, apakah uang yang sudah disetorkan akan kembali? Bagaimana jika premi sudah dibayar sedangkan polis sudah dikembalikan terlebih dahulu?

Untuk menjawabnya diperlukan penjelasan. Sebetulnya, uang premi yang sudah disetor akan kembali pada batas waktu yang telah disepakati kedua belah pihak.

Advertisements

Umumnya premi bisa dikembalikan jika Anda sudah membayarnya dalam 5 tahun terakhir. Namun ada pula yang berkisar antara 10-15 tahun. Hal ini tergantung pada perusahaan mana Anda mengasuransikan hal yang Anda punyai.

Berhenti Asuransi Apakah Uang Kembali?

Proses pengembaliannya pun tidak bisa langsung begitu cepat. Anda harus menunggu terlebih dahulu dan melakukan pengajuan pembatalan asuransi ke CS. Setelah itu Anda harus mengisi formulir pembatalan lalu menunggu dana cair.

Premi tidak bisa diambil jika masa asuransi baru dalam waktu yang sebentar. Hal tersebut dikarenakan premi merupakan biaya awal sebagai administrasi perusahaan.

Jadi, Anda tidak akan dapat uang Anda kembali jika Anda berhenti asuransi sebelum waktu yang disepakati. Hal ini jelas merugikan sekali bukan?

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan asuransi sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Cek kualitas asuransi

Jangan mudah terbuai oleh rayuan agen asuransi yang mampu membuat banyak orang terlena. Bahkan, saat ini bank pun menyelipkan promosi asuransi tertentu.

Maka jika Anda tidak ingin goyah sebaiknya gali informasi mengenai perusahaan asuransi tersebut. Apakah sudah bagus kualitasnya atau masih sebatas perusahaan yang kurang jelas produknya.

  1. Pilih dan kenali produk

Setelah Anda tahu reputasi perusahaan asuransi, maka Anda perlu menggali informasi mengenai produk yang ditawarkan perusahaan asuransi.

Pilih produk sesuai dengan kebutuhan, misalnya kesehatan, jiwa, travel atau kecelakaan diri. Hal ini untuk mengukur seberapa penting asuransi yang akan dipakai. Juga berapa banyak uang sebagai premi tiap bulannya nanti.

  1. Baca polis asuransi

Bacalah polis asuransi secara seksama. Jangan mengabaikan poin-poin yang tertera pada polis asuransi. Hal ini untuk bekal jika nanti ada hal atau kejadian tak terduga di masa yang akan datang. Sehingga Anda bisa siapa untuk berhenti asuransi ataupun mengajukan klaim secara baik dan benar.

Advertisements
author
Penulis: 
    Bagaimana Cara Berhenti Dari Asuransi Sinar Mas
    Bagaimana Cara Berhenti Dari Asuransi Sinar Mas
    Cara Berhenti Dari Asuransi Sinar Mas –
    Cara Menutup Asuransi Sinar Mas Panduan Lengkap
    Cara Menutup Asuransi Sinar Mas Panduan Lengkap
    Cara Menutup Asuransi Sinar Mas – Saat ini
    Berhenti Asuransi Allianz Apakah Uang Kembali
    Berhenti Asuransi Allianz Apakah Uang Kembali
    Berhenti Asuransi Allianz Apakah Uang Kembali – Sebagian masyarakat
    Cara Mengecek Saldo DPLK Allianz Dan Cek Saldo Dana Pensiun Allianz
    Cara Mengecek Saldo DPLK Allianz Dan Cek Saldo Dana Pensiun Allianz
    Cara Mengecek Saldo DPLK Allianz Dan Cek Saldo
    Cara Cek Nilai Tunai Asuransi Allianz
    Cara Cek Nilai Tunai Asuransi Allianz
    Cara Cek Nilai Tunai Asuransi Allianz – Artikel
    Bagaimana Cara Mengetahui Nilai Investasi Asuransi Allianz?
    Bagaimana Cara Mengetahui Nilai Investasi Asuransi Allianz?
    Bagaimana Cara Mengetahui Nilai Investasi Asuransi Allianz?
    Contoh Polis Asuransi Sinar Mas
    Contoh Polis Asuransi Sinar Mas
    Contoh Polis Asuransi Sinar Mas – Asuransi merupakan

    Tinggalkan pesan "Berhenti asuransi? Bagaimana caranya?"


    Top